Thursday, October 18, 2012

pengaruh sinar matahari terhadap tanaman tomat



Pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat


x.tkj.b

nama anggota:
v Emul maulana
v Ahmad gozali
v  
v  

Smk pgri selaawi

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “pengaruh sinar atahari terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat
Makalah ini berisikan tentang informasi pengaruh sinar atahari terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat atau yang lebih khususnya membahas penerapan pengaruh sinar atahari terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Limbangan 14 september 2012



Daftar isi
Kata pengantar
Daftar isi
Bab i:pendahuluan
                i.1latar belakang
                   i.2 rumusan masalah
                   i.3tujuan penelitian
                   i.4 hipotesis
bab ii:tinjauan pustaka
bab iii:bahan dan metode
bab iv:hasil dan analisis
bab v:kesimpulan dan saran




Bab i
pendahuluan
i.1latar belakang
Salah satu ciri organisme adalah tumbuh dan berkembang, Kedua aktifitas kehidupan ini tidak dapat dipisahkan karena prosesnya berjalan bersamaan.
Pertumbuhan diartikan sebagai pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversibel. Irreversibel maksudnya tidak dapat kembali pada keadaan awal. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan.
Kami mencoba melakukan penelitiannya pada tanaman tomat.
i.2 rumusan masalah
1. Adakah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman tomat ?
i.3tujuan penelitian
dengan melakukannya  penelitian ini  kami ingin mengetahui apakah ada pengaruh cahaya matahariterhadap pertumbuhan tanaman tomat.
i.4 hipotesis                 
menurut kami pengaruh sinar matahari tehadap pertumbuhan tanaman tomat ada
bab ii
tinjauan pustaka
Cahaya merupakan gelombang transversal yang termasuk gelombang elektromagnetik.Pada permukaan benda yang rata seperti cermin datar, cahaya dipantulkan membentuk suatu pola yang teratur. Sinar-sinar sejajar yang datang pada permukaan cermin dipantulkan sebagai sinar-sinar sejajar pula. Akibatnya cermin dapat membentuk bayangan benda. Pemantulan semacam ini disebut pemantulan teratur atau pemantulan biasa .
Auksin adalah zat yang di temukan pada ujung batang, akar, pembentukan bunga yang berfungsi sebagai pengatur pembesaran sel dan memicu pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung. Hormon auksin adalah hormon pertumbuhan pada semua jenis tanaman.nama lain dari hormon ini adalah IAA atau asam indol asetat.letak dari hormon auksin ini terletak pada ujung batang dan ujung akar, fungsi dari hormon auksin ini dalah membantu dalam proses mempercepat pertumbuhan, baik itu pertumbuhan akar manapun pertumbuhan batang, mempercepat perkecambahan, membantu dalam proses pembelahan sel.mempercepat pemasakan buah, mengurangi jumlah biji dalam buah. Kerja hormon auksin ini sinergis dengan hormon sitokinin dan hormon giberelin
bab iii
bahan dan metode
Alat dan bahan
1.      Sebidang tanah yang cukup,
2.      Biji/benih tomat ,dan
3.      Kayu/cangkul,satu yang terkena sinar matahari dan yang kedua yang tidak terkena sinar matahari.
Metode kerja:
1.      Gunakan kayu/cangkul untuk menggali tanah yang akan di beri biji/benih tomat,setelah ada lubang masukan bnih tersebut,itu dilakukan sama dengan kedua bidang tanah yang berbeda.
bab iv
hasil dan analisis
Hasil:
Yang di tempat terang
Bagian
Minggu ke-1
Minggu ke-2
Minggu ke-3
Minggu ke-4
Daun
Mekar kurang banyak
Mekar lebih banyak dari minggu ke-1
Pada mekar lebih bnyak daunnya dari minggu ke-2
Mekar dan berbunga
Batang
Pendek belum kokoh
Agak tinggi sedikit kokoh
Lumayan tinggi kokoh
Tinggi dan kokoh
Akar
Sedikit
Agak banyak
Lumayan banyak
Banyak dan lumayan besar
Gambar
 







Yang di tempat gelap
Bagian
Minggu ke-1
Minggu ke-2
Minggu ke-3
Minggu ke-4
Daun
Belum Mekar kurang banyak
Mekar lebih banyak dari minggu ke-1
Pada mekar lebih bnyak daunnya dari minggu ke-2
Mekar dan berbunga
Batang
Pendek belum kokoh
pendek belum kokoh
Lumayan tinggi  sedikit  kokoh
Tinggi dan agak kokoh
Akar
Sedikit
Agak banyak
Lumayan banyak
Banyak dan kurang besar
Gambar








Analisis:
Tumbuhan yang pada salah satu sisinya disinari oleh matahari maka pertumbuhannya akan lambat karena jika auksin dihambat oleh matahari tetapi sisi tumbuhan yang idak disinari oleh cahaya matahari pertumbuhannya sangat cepat  karena kerja auksin tidak dihambat. Sehingga hal ini akan menyebabkan ujung tanaman tersebut cenderung mengikuti arah matahari atau yang disebut dengan fototropisme.
Untuk tanaman yang diletakkan ditempat yang gelap pertumbuhan tanamannya sangat cepat selain itu tekstur dari batangnya sangat lemah dan cenderung warnanya pucat kekuningan, hal ini desebabkan kaerena kerja hormon auksin tidak dihambat oleh sinar matahari.
bab v
kesimpulan dan saran
Kesimpulan:
Dari hasil penelitian yang kami lakukan,kami mengamati dan menyimpulkan bahwa tanaman tomat yang saya letakkan di tempat yang gelap ternyata lebih cepat tumbuh, akan tetapi kondisi tanamannya berwarna pucat dan terlihat sedikit kurus.
Dan sebaliknya, tanaman tomat yang kami letakkan di tempat yang cukup cahaya tumbuh lebih lambat dibandingkan tomat  yang saya letakkan di tempat yang gelap. Akan tetapi kondisinya lebih relative baik dan berwarna cerah.
Seperti yang telah disebutkan pada tinjauan pustaka sebelumnya, hal ini terjadi karena tumbuhan yang diletakkan ditempat gelap tidak memperoleh cukup cahaya sehingga dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk pemanjangan sel – sel tumbuhan, sebaliknya tumbuhan yang diletakkan ditempat terang akan memperoleh cukup cahaya, auksin di hambat oleh cahaya matahari
Saran:
1.            dalam pengamatan yang telah dilaksanakan hendaknya satu orang saja yang mengukur agar tidak terjadi ketidak jelasan.


Yang mau sodakoh pulsa:
-085221569851
Yang mau sodakoh uang:
-NAMA:EMUL MAULANA
-NO.REKENING:4175-01-014170-53-1



3 comments: